ANALISIS PERBANDINGAN KINERJA REKSADANA KONVENSIONAL DAN REKSADANA SYARIAH DENGAN MENGGUNAKAN TREYNOR INDEKS PADA PT DANAREKSA INVESMENT MANAGEMENT
Deden Ramdhan, Lc

Abstrak

Reksadana merupakan alternatif investasi bagi pemodal kecil dan besar yang tidak memiliki banyak keahlian untuk menghitung resiko atas investasi yang dilakukannya, dewasa ini ada dua macam reksadana yaitu reksadana Konvensional dan Syariah. Yang mana perbedaan antara keduanya adalah terdapat pada pengelolaan dan kebijakan investasi. Reksadana syariah yang hadir sejak tahun 1997 dewasa ini menjadi pilihan bagi investor atau pemodal muslim.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahuhi perbandingan kinerja reksadana konvensional dan syariah dengan menggunakan treynor index pada PT. Danareksa Investment Management. Dalam penelitian ini digunkan suatu metode penelitian yang bessifat Ex Post Facto, dengann menggunakan alat bantu uji Statistik yaitu program SPSS for Windows Versi 10.0 dan Microsoft Excel. Untuk melakukan pengujian hipotesis digunakan Paired Samples T Test  pada program SPSS. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Nilai Aktiva bersih per unit Harian untuk reksadana Anggrek dan Syariah Berimbang, Indeks Harga Saham Gabungan dan Jakarta Islamic Indeks harian dan tingkat suku bunga Sertifikat Bank Indonesia.

Berdasrkan tujuan dari penelitian ini, maka telah dilakukan perhitungan yang hasilnya adalah bahwa kinerja reksadana konvensional yang dihitung dengan menggunakan treynor indeks sebesar –0,121621747 lebih besar dari pada kinerja reksadana syariah yaitu sebesar –0,139070371. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa kinerja reksadana konvensional lebih baik dari pada kinerja reksadana syariah. Untuk mengetahui perbedaan diantara keduanya dapat di ketahui dengan menggunakan dengan Paired Samples T Test pada SPSS yang menghasilkan T hitung sebesar 0,119 dengan derajat kebebasan (df) sebesar 23 yang mana tingkat signifikansinya sebesar 0,906. Oleh karena itu tingkat signifikansi yang lebih besar dari pada 0,05 maka Ho diterima yang berarti bahwa antara kinerja reksadana konvensional dengan reksadana Syariah terdapat perbedaan yang tidak signifikan. Hal ini terjadi karena cukup kuatnya pengaruh resiko yang ditimbulkan pasar, yang mempengruhi kinerja pasar modal Indonesia.

 


Kata Kunci : Investasi, Reksadana, Treynor Indeks

 



  Masukan Nama Dosen Ke Input Pencarian.









  Nama Dosen ''-'' Tidak Ditemukan. Kembali Ke Index Print URL



© 2015 copyright | Design & Programming by ICT STIE Sutaatmadja | Login